Selasa, 19 Mei 2015

Cara Diet dan Mencegah Anemia

Salah satu penyebab sulit berkonsentrasi dan lemas adalah karena kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia. Anemia dapat disebabkan salah satunya oleh karena kekurangan zat besi dan vitamin B-12. Sumber zat besi dan vitamin B-12 yang paling utama adalah dari makanan. Untuk mencegah terjadinya anemia tersebut maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang bervariasi dengan kadar gizi seimbang.
Berikut ini adalah beberapa langkah praktis untuk menjaga agar makanan yang kita konsumsi tidak menyebabkan kita kurang darah;

Makan makanan tinggi zat besi, yaitu:




  • Hati
  • Kacang-kacangan
  • Tiram
  • Tahu
  • Sayuran hijau, seperti bayam
  • Daging merah tanpa lemak
  • Ikan
  • Buah kering seperti kismis
  • Makan dan minum makanan yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, yaitu:


    Jus jeruk
    Stroberi
    Brokoli
    Buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C
    Jangan minum kopi atau teh saat makan. Minuman ini mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh.
    Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti:Hati sapi dan tiram
    Hati sapi dan tiram
    Ikan, daging, unggas, telur, susu, dan produk susu lainnya yang mengandung vitamin B12
    Beberapa produk sereal, ragi, dan produk makanan lain yang mengandung vitamin B12.

    Pastikan Anda mengkonsumsi makanan secara bervariasi. Makanan yang beragam dan seimbang gizinya akan mencegah terjadinya kurang darah. Diet yang terlalu ketat merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan anemia. Ibu hamil dan wanita pada umumnya harus lebih berhati-hati, terutama pada saat menstruasi karena lebih rentan terkena anemia. Pemeriksaan kesehatan berkala untuk mengetahui terjadinya kurang darah sebaiknya dilakukan setiap 5 tahun sekali sejak masa remaja.